7 Alasan Kegagalan Promosi di Facebook
7 Alasan Kegagalan Promosi di Facebook --- Siapa di antara blogger yang belum pernah mempromosikan blog melalui facebook?
Rasanya sudah cukup banyak di antara para blogger yang menggunakan
social media yang satu ini. Hanya saja fakta menunjukkan bahwa banyak
orang tidak mendapatkan hasil apa-apa.
Artikel ini sebenarnya penjelasan tambahan dari artikel sebelumnya, yaitu bagaimana cara meningkatkan traffic blog.
Hanya saja fakta bahwa banyak orang gagal melakukannya membuat saya
tertarik untuk mengetahui apa saja faktor penyebab kegagalan itu. Jadi
kali ini saya akan membuat tulisan tentang faktor-faktor yang
menyebabkan kegagalan berpromosi di facebook.
Kesalahan 1: Hanya Menggunakan Akun Facebook Pribadi untuk Promosi
Berapa banyak dari kita yang mempromosikan blog dengan menggunakan
facebook wall dari akun pribadi kita? Tentu ini bisa saja mendatangkan
trafik pengunjung, hanya saja jika jumlah pengunjung yang anda harapkan
berlimpah, maka cobalah membangun sebuah fan page.
Fan page dari facebook telah dibuktikan oleh banyak orang jauh
lebih efektif dari postingan di wall facebook pribadi. Semuanya itu
dikarenakan fan page biasanya mendapat like dari orang-orang yang memang
tertarik dengan topik atau berita-berita yang kita sajikan. Dengan
demikian lebih mudah untuk membuat mereka tertarik untuk berkunjung lagi
... dan lagi.
Yang menjadi masalah adalah bagaimana mempromosikan fan page yang sudah
kita buat? Anda bisa mendapat like dengan berbagai cara. Misalnya dengan
memasang badge like pada blog anda. Bisa juga dengan mengundang
fesbuker lain untuk memberi like pada fan page anda. Anda bisa
mendapatkan fesbuker lain ini dari grup-grup yang kemungkinan besar
berisi orang-orang yang tertarik dengan konten yang anda tawarkan.
Untuk mempermudah anda mendapatkan orang-orang yang tertarik dengan blog
yang anda buat, maka anda bisa menggunakan fitur facebook search. Anda
bisa menemukan ketertarikan orang lain, bahkan orang-orang yang belum
anda kenal sebelumnya dengan memanfaatkan fitur "kiriman publik". Kalau
anda belum tahu caranya, silahkan baca artikel Mengenal fitur "Kiriman Publik" dari facebook search.
Jadi semuanya itu (blog badge, Facebook Group, dan Fitur Kiriman Publik
dari facebook) bisa anda gunakan untuk menemukan orang-orang yang
mungkin tertarik dengan berita, produk, atau jasa yang anda promosikan.
Kesalahan 2: Hanya menggunakan Facebook untuk promosi
Harus diakui bahwa facebook itu memang yang terbaik di bidang social
media, tapi sangat keliru jika hanya mengandalkan facebook. Sumber
trafik ada banyak sekali, yang terbaik tentunya masih Google, lalu
menyusul facebook, twitter, dan masih banyak lagi. Saling menghubungkan
semuanya sangatlah dianjurkan.
Kesalahan 3: Tidak aktif di Grup Facebook manapun
Grup facebook adalah tempat yang memungkinkan anda bertemu dengan banyak
orang yang sebelumnya berada di luar jaringan anda. Tapi grup facebook
ada yang aktif dan ada juga yang aktifitasnya payah. Jadi
pintar-pintarlah memilih trafik dari grup facebook. Lebih baik
menghabiskan waktu seharian untuk mencari grup yang aktif daripada
posting setiap hari di grup yang "menyedihkan"....
Kesalahan 4: Memposting semua isi artikel atau hanya link saja
Ini adalah benar-benar kesalahan yang bisa dibilang sangat bodoh sekali.
Siapa yang akan mengunjungi blog anda kalau bisa membaca semua
postingan anda di fan page atau di wall? Inti dari semua tindakan
promosi ini adalah membuat fesbuker penasaran untuk berkunjung. Kalau
semua informasi sudah tersampaikan ... selesai sudah.
Memposting link saja juga tidak terlalu efektif untuk membangkitkan rasa
penasaran. Jadi ada baiknya anda membuat narasi paragraf pertama dari
postingan blog dengan semenarik mungkin. Dengan demikian jika pembaca
membaca potongan itu, maka mereka menjadi tertarik untuk membaca lebih
jauh lagi...
Kesalahan 5: Tidak konsisten
Banyak blogger yang tidak konsisten membagikan postingannya di Facebook.
Padahal setiap postingan itu harus dibagikan. Mungkin saja ada
postingan yang kurang peminatnya, tapi pasti saja ada yang membutuhkan
postingan itu. Bukan hanya itu saja; walaupun banyak fesbuker yang
merasa tidak membutuhkan postingan terbaru dari anda, tapi setidaknya
jika anda memposting artikel tersebut, mereka tahu anda masih aktif
blogging..... Bahkan jika perlu artikel lawas pun harus diposting
berkali-kali....
Kesalahan 6: Kualitas Artikelnya Tidak Cukup Bagus
Ada beberapa artikel yang karena begitu bagusnya, maka orang-orang tidak
tahan untuk menyebarkannya. Biasanya artikel jenis ini ada pada
topik-topik yang lagi hot seperti berita gosip, artikel keagamaan,
berita politik, dan masih banyak lagi. Bahkan hoax pun bisa jadi sangat
laku di dunia maya. Ya, itu adalah fakta bahwa banyak blogger yang
begitu mengutamakan trafik bahkan hoax pun dihidangkan.
Jadi perhatikanlah untuk membuat artikel yang bermanfaat agar orang-orang bisa terdorong dengan sendirinya untuk berbagi dengan yang lain.
Kesalahan 7: Tidak Mendorong Pembaca Untuk Membagikan Artikel Tersebut.
Ada beberapa niche dari blog yang sebenarnya sangat mudah untuk
dibagikan ke orang lain. Hanya saja banyak orang yang terlalu malas
untuk berbagi tentang informasi tersebut. Bahkan tidak pernah terpikir
untuk membagikan apa yang dibacanya. Tidak ada ruginya jika pada tulisan
anda diakhiri dengan dorongan untuk berbagi tulisan itu di facebook.
Tentu saja anda harus mempermudah pembaca dengan menyediakan tombol
share atau like pada artikel tersebut.... maklumlah budaya bangsa kita
yang malas melakukan sesuatu jika terlalu repot.
Demikianlah ketujuh faktor ini sering membuat promosi rekan-rekan fesbuker sekalian berbuah nihil. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu memperbaiki tingkat efektifitas promosi di facebook.
Sumber : Click Here
pertamax gan http://www.buatblog.net/
BalasHapus